Manfaat Susu dapat Cegah Kanker

Manfaat susu tentu semua orang sudah tahu baik bagi kesehatan karena kandungan nutrisinya yang tinggi dan cukup lengkap mulai dari protein, vitamin, mineral bahkan lemak. Rasanya yang enak juga menjadi salah satu sebab susu menjadi salah satu minuman favorit, terutama bagi anak-anak. Sementara bagi orang-orang dewasa, aneka makanan dan minuman olahan susu seperti yoghurt, keju dan es krim juga menyebabkannya populer sebagai bahan konsumsi sehari-hari.

Namun tak hanya itu, manfaat susu dalam sebuah penelitian di Norwegia menunjukkan bahwa mengkonsumsi susu juga dapat menurunkan resiko penyakit kanker, terutama kanker payudara. Salah satunya dipublikasikan oleh Institute of Community Medicine, Universitas Tromso, Norwegia, di Journal of Cancer yang membuktikan bahwa mengkonsumsi tiga gelas susu atau lebih setiap hari dapat menurunkan resiko kanker payudara pada wanita yang berada pada masa pra-menopause.

Penelitian lain dilakukan oleh Norwegian Women and Cancer Study terhadap 48.844 orang wanita. Tingkat konsumsi susu diukur dengan mengirimkan formulir riwayat konsumsi pangan pada para responden tersebut. Selama 74 bulan penelitian, mereka menemukan 317 kasus penderita kanker payudara pada respondennya. Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata ditemukan bahwa konsumsi susu sejak kecil berhubungan erat dengan masalah kanker payudara saat berusia 34-39 tahun. Responden yang mengkonsumsi susu sejak kecil ternyata memiliki resiko kecil terkena kanker payudara.

Selain konsumsi susu sejak kecil, ternyata mengkonsumsi susu setelah dewasa juga tak kalah besar manfaatnya. Setelah dikoreksi menurut faktor hormonal, aktivitas fisik, indeks massa tubuh serta konsumsi alkohol, wanita yang tidak mengkonsumsi susu dapat menghadapi resiko terkena kanker payudara sebesar dua kali lipat dibandingkan wanita yang rutin mengkonsumsi susu tiga gelas susu atau lebih per harinya. Jadi tunggu apa lagi, minumlah susu mulai sekarang. Selain rasanya yang lezat, manfaat susu pun akan memberikan Anda keuntungan lain yang lebih besar bukan ?

 

Untuk informasi lebih akurat, dapat berkonsultasi dengan dokter di Rumah Sakit Ibu dan Anak Melinda atau dapat langsung menghubungi website kami di https://www.melindahospital.com/ .