OUR GREAT SERVICE

PENCARIAN ARTIKEL
CARI

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: left_banner

Filename: views/service_detail_view.php

Line Number: 84

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia. Seiring dengan perkembangan jaman, ilmu Psikologi semakin berkembang dan kebutuhan masyarakat akan layanan Psikologi semakin meningkat. Berkaitan dengan kebutuhan yang semakin meningkat, baik dalam bidang pendidikan, keluarga maupun pekerjaan, maka Melinda Hospital mendirikan sebuah pelayanan yang bergerak di bidang psikologi, yaitu Melinda Psychology Center.

Melinda Psychology Center memiliki fokus tujuan dalam pengembangan potensi dan karakter seseorang. Dengan mengetahui potensi seseorang, maka akan membantu dalam menempatkan dan mengembangkan individu sesuai dengan potensi yang dimilikinya untuk memenuhi tuntutan di lingkungan. Melinda Psychology Center sangat memahami bahwa setiap individu membawa potensi yang berlimpah pada saat dilahirkan ke dunia. Secara alamiah, mereka memiliki dunia sendiri yang menawarkan kepolosan yang menggugah, rasa ingin tahu yang besar, kegembiraan, kedamaian, tantangan untuk menjelajah, serta lumbung kreativitas yang kaya.

Melinda Psychology Center memahami bahwa keberhasilan seseorang di masa depan akan berpotensi cemerlang jika lebih terfokus pada kebutuhan dan potential mapping pada anak sejak usia dini. Untuk merealisasikan pengembangan potensi tersebut, maka Melinda Psychology Center menawarkan berbagai macam program sebagai berikut :

Smart Stimulation (SS)

Tujuan

  • Mengetahui kematangan perkembangan motorik kasar dan motorik halus, verbal dan kemampuan perceptual kognitif anak berdasarkan tahapan kelompok usianya.

Manfaat

  • Mengetahui kesiapan anak pra-sekolah apakah sudah bisa memulai pendidikan di sekolah dasar mengingat kematangan anak tidak bisa dipaksakan. Melalui tes kematangan akan diketahui apakah anak memang benar-benar sudah siap baik secara aspek fisik maupun psikis untuk duduk di bangku sekolah dasar.

Program Aktivasi Potensi Bawaan
Gelombang alpha ( 8 Hz-12 Hz) adalah gelombang otak yang terjadi pada saat seseorang yang mengalami relaksaksi atau mulai istirahat dengan tanda-tanda mata mulai menutup atau mulai mengantuk setiap akan tidur, tepatnya masa peralihan antara sadar dan tidak sadar.

Tujuan

  • Merupakan teknik meditasi yang disesuaikan dengan gelombang otak untuk menurunkan kadar stress secara perlahan agar individu bisa mendeteksi perbedaan saat dirinya terserang stress dan saat dirinya sudah bisa mengenali sensasi relaksasi dalam gelombang alpha.

Manfaat

  • Dapat mengubah kondisi mental seseorang dengan mengkondisikan otak agar memproduksi atau mereduksi jenis frekuensi gelombang otak tertentu ke dalam gelombang alpha. Hal ini akan menghasilkan kondisi keseimbangan mental dan emosional, seperti untuk meningkatkan konsentrasi, meningkatkan performa akademis, IQ, kreatifitas, intuisi, menghilangkan kebiasaan buruk, mengatasi sakit kepala, insomnia, stress, depresi, PMS, serta masih sangat banyak manfaat lainnya.

Seminar dan Ceramah
Merupakan kegiatan untuk memberikan materi yang berkaitan dengan ilmu psikologi, khususnya yang berhubungan dengan pendidikan dan dunia perkembangan anak dan remaja.

Psikotes
Tujuan

  • Suatu pengukuran yang bersifat objektif dan terstandar untuk mengetahui faktor-faktor kecenderungan (potensi intelektual, minat, motivasi dan kepribadian) yang terdapat dalam diri individu

Manfaat

  • Pemetaan individu sebagai data bagi pihak pengguna untuk tujuan perencanaan pengembangan SDM, perencanaan dan pengembangan karir siswa, konseling dan sebagainya.

Origami dan Kirigami

Merupakan keterampilan khas Jepang yang ternyata dalam kondisi saat ini dapat dipergunakan untuk menstimulasi integrasi visual dan motor baik untuk anak-anak, remaja, maupun dewasa. Melalui origami dan kirigami juga bisa membantu fungsi konsentrasi.

Finger Print
Tujuan

  • Bersifat analisa potensi genetik untuk menggambarkan spesifikasi bakat yang terkait dengan struktur otak

Manfaat

  • Mengungkap potensi kepribadian, motivasi dan bakat yang bersifat genetik
  • Hasil analisa di kombinasikan dengan metode test psikologi, sehingga memiliki akurasi yang lebih tinggi karena memakai dua refrensi yakni natural & nurtural.

Self Healing
Proses self healing terbentuk dari kerja sama fisik, emosional dan spiritual yang sudah mencapai keseimbangan dan harmoni secara alami. Penyakit yang paling sering muncul sekarang ini disebabkan tidak seimbangnya pikiran dan perasaan. Ini penyakit khas manusia modern yang sebenarnya bisa dihindari kalau pikiran dan perasaan kita seimbang dan dalam keadaan harmonis. Aspek fisik, emosional, dan spiritual yang terpadu dengan seimbang akan mempercepat proses penyembuhan. Meditasi membuka kesempatan agar pikiran kita lebih tenang dan fokus. Dengan meditasi kita bisa lebih mengenali pikiran kita sendiri dan belajar mengubah pikiran negatif menjadi positif, perasaan terancam menjadi nyaman, dan rasa sedih menjadi bahagia.

Parenting Class
Merupakan sesi pertemuan orang tua dan tim psikolog. Isi pertemuan membahas tema tertentu berdasarkan kebutuhan orang tua, yang terkait dengan tugas pendampingan terhadap tugas perkembangan anak.

Tujuan

  • Dalam sesi parenthing class ini, psikolog akan memberikan transfer knowledge yang diperlukan orang tua saat menghadapi beragam persoalan anak dalam kehidupan sehari-hari di samping untuk tukar menukar gagasan, pemikiran, informasi/pengalaman diantara orang tua, sehingga dicapai suatu bentuk diskusi dalam rangka menghimpun gagasan, pendapat, informasi, pengetahuan, pengalaman, dari semua peserta. Hasilnya kemudian dijadikan peta informasi, peta pengalaman, atau peta gagasan (mindmap) untuk menjadi pembelajaran bersama di antara sesama orang tua.

Manfaat

  • Manfaat sesi parenthing class adalah orang tua bisa secara intensif dan terfokus mengenali karakteristik anak sesuai tahapan perkembangan usianya agar orang tua dapat menyesuaikan pola asuh yang sesuai dengan karakteristik anak. Di samping itu, orang tua akan mendapatkan bekal pengetahuan praktis untuk diterapkan di rumah pada saat menghadapi kasus persoalan anak dalam interaksi sehari-hari.

Konsultasi
Merupakan kegiatan untuk memberikan feed-back dan pengarahan yang diperlukan klien terhadap hasil pemeriksaan psikologi. Di dalam sesi konsultasi ini, psikolog akan memberikan deskripsi dan advice mendalam berkaitan apakah suatu kasus memerlukan assessmen psikologi dalam bentuk therapy untuk penyelesaian suatu kasus seperti konsultasi perkembangan & pendidikan, pekerjaan, keluarga,premarital.

Behavior Control Exercise
Exercise ini dapat meningkatkan kemampuan pikiran seseorang, dengan menggunakan media musik klasik. Behavior control exercise dapat meningkatkan, memulihkan, dan memelihara kesehatan fisik, mental, emosional, sosial dan spiritual. Hal ini disebabkan musik memiliki beberapa kelebihan, yaitu karena musik bersifat nyaman, menenangkan, berstruktur, dan universal.