PENCARIAN ARTIKEL
CARI

Kelas Laktasi dengan tema "Memulai MPASI" bersama Dr. Stella Tinia, M.Kes, IBCLC, memberikan materi tentang awal mula pemberian MPASI dan hal-hal yang melingkupinya. Pada mulanya, MPASI diberikan pada bayi usia 6 bulan. Setelah sebelumnya ASI ekslusif selama 6 bulan pertama.

MPASI ideal dimulai pada bayi yang sudah menginjak usia 6 bulan, karena:
1. Untuk kesehatan bayi dan Moms.
2. Nutrisi makanan selain ASI, sudah bisa diterima tubuh bayi pada usia 6 bulan.
3. Memberikan suplemen zat besi kepada bayi.
4. Memberikan berbagai vitamin yang bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi.
5. Membantu memperbaiki pola makan Moms.
6. Asupan suplemen penting.
7. Bayi akan memiliki tenaga lebih dari MPASI.

Adapun cara memberikan MPASI pertama kepada bayi, yakni dengan menyuapinya (6-12 bulan), bantu bayi makan sendiri (> 12 bulan), peka pada tanda lapar atau kenyang, sabar, dan motivasi bayi untuk makan MPASI. Selain itu, Moms harus mengkombinasikan menu, rasa, dan tekstur pada makanannya. Usahakan, beri makanan yang mudah dipegang, dikunyah, dan dicerna oleh bayi yah.

Makanan pendamping ASI harus disesuaikan dengan tahapan usia bayi. Dari bayi usia 0-6 bulan (menghisap dan menelan), beri makanan dalam bentuk cair. Untuk bayi usia 6-7 bulan (mengunyah), beri makanan yang dilembutkan atau crackers. Sedang untuk bayi usia 7-12 bulan (menggigit dan mengunyah), beri makanan yang dicincang atau finger food. Terakhir , untuk usia bayi 12-24 bulan (mengunyah), beri makanan keluarga.

Moms juga harus memperhatikan jumlah MPASI yang disesuaikan dengan kebutuhan bayi, konsistensi makanan (sesuai dengan usia bayi), jumlah kalori, kandungan gizi, kandungan vitamin, kandungan mineral, dan jadwal MPASInya. Sehingga, memulai makanan pendamping ASI kepada bayi akan berjalan lancar, juga pemberian ASI eksklusif tetap dilakukan. Semoga informasinya bermanfaat yah Moms :)

Kunjungi juga Poliklinik Laktasi di Melinda Hospital (jl. Padjajaran no. 46 Bandung 40171). Jadwal setiap hari Senin s/d Sabtu, jam 07.00-21.00 WIB. Informasi lebih lanjut bisa hubungi 022-4222788.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI