PENCARIAN ARTIKEL
CARI

Hari Sabtu, 21 Oktober 2017 kemarin, Melinda Hospital kembali mengadakan Kelas Laktasi bersama Dr. Stella Tinia, M. Kes, IBCLC. Tema yang diangkat mengenai, "ASI Kurang dan Masalah Payudara". Materi ini penting untuk diketahui, apalagi untuk Moms yang memiliki permasalahan dalam hal ini. 

Penyebab ASI kurang atau masalah pada payudara bisa disebabkan oleh tidak IMD atau tidak ada rawat gabung setelah bersalin. Bisa juga dikarenakan kurangnya frekuensi menyusui dan perlekatan mulut bayi ke payudara tidak benar. Selain itu, kondisi kesehatan Moms pun dapat mempengaruhi produksi ASI loh. 

Kondisi kesehatan yang dapat mempengaruhi produksi ASI seperti, obesitas, diabetes mellitus, tekanan darah tinggi, anemia, pendaharan banyak setelah melahirkan, plasenta tertinggal dalam rahim, gangguan hormon tiroid, polycystic ovary syndrome, dan gangguan anatomis pada perkembangan payudara. Moms harus menjaga kesehatan dan mencegah gangguan kesehatan ini.

Hal ini bisa dicegah dan diatasi, Moms tidak perlu khawatir. Pertama, cari penyebab produksi ASI berkurang, perbaiki proses menyusui, frekuensi menyusui harus benar, pelekatan mulut bayi ke payudara harus tepat, amati hisapan efektif, dan optimalkan stimulasi ke payudara. Selain produksi ASI berkurang, adapun masalah payudara lainnya seperti nyeri saat menyusui, payudara penuh, payudara bengkak, mastitis, dan abses payudara.

Masalah payudara dapat diatasi dengan alat bantu laktasi, atur perlekatan mulut bayi ke payudara  secara tepat, oles ASI akhir (lanolin ointment) ke puting Moms, hindari sabun atau antiseptik pada puting, kompres payudara dengan air hangat sebelum Moms menyusui, menyusui atau memerah ASI sesering mungkin, lakukan hypnobreastfeeding, dan konsultasi ke Dokter jika nyerinya sudah parah. 

Materi yang dibahas di Kelas Laktasi ini sungguh menarik dan sangat bermanfaat. Moms dapat lebih peka dalam menjaga kesehatan payudara dan lebih produktif memproduksi ASI. Buah hati pun akan mendapatkan ASI eksklusif yang berkualitas. Ditunggu lagi Kelas Laktasi selanjutnya bersama Dr. Stella Tinia, M. Kes, IBCLC di Melinda Hospital yah :)

 

BERITA TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI