PENCARIAN ARTIKEL
CARI

      Para peneliti di Amerika serikat telah menemukan sebanyak 1166 protein yang terkandung dalam ludah manusia dan hal ini bisa menjadi sebuah terobosan dalam bidang medis untuk mendiagnosis penyakit keras seperti kanker.

      Pasien nantinya hanya harus meludah di sebuah tempat yang disediakan untuk kemudian cairan ludahnya diteliti dan didiagnosis apakah si pasien tersebut memiliki penyakit seperti kanker, jantung, atau pun diabetes.

      Melalui hasil penelitian yang diplubikasikan di Journal of Proteome Research ini, para penelitinya yakin bahwa tes air liur dapat menghilangkan trauma yang dialami pasien yang diambil darahnya. Juga dapat mengurangi biaya diagnosis dan perawatan menjadi lebih murah.

      Dari penelitian ini, diketahui bahwa 1/3 protein yang terkandung dalam air liur dipastikan sama dengan protein yang terkandung dalam darah. Diantara protein-protein tersebut, juga terdapat protein yang cocok dengan dengan protiein yang berperan dalam penyakit-penyakit seperti Alzheimer, Huntington dan Parkinson disamping kanker payudara, pancreas, dan diabetes.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI