KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Rabu 06 Juni 2018
by MelindaCare, via Artikel Keluarga

Dampak ibu bekerja bisa mempengaruhi kesehatan sang anak? Sebuah penelitian terbaru mengatakan anak-anak dari ibu yang bekerja ternyata kesehatannya kurang bila dibandingkan anak-anak yang ibunya tidak bekerja atau berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Penelitian yang dilakukan Institute of Child Health ini melibatkan lebih dari 12.500 anak berusia lima tahun dan telah dipublikasikan dalam The Journal of Epidemiology and Child Health.

Para peneliti menemukan anak-anak yang ibunya bekerja akan lebih sering diantar ke sekolah, menonton televisi lebih dari dua jam setiap harinya, dan minum minuman manis diantara jam makannya. Ibu yang bekerja full-time juga ternyata menyebabkan anak-anaknya kurang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, berbeda dengan ibu yang bekerja part-time dimana anak-anaknya tidak mengalami kekurangan konsumsi buah ataupun sayuran.

Untuk kegiatan olahraga sang anak, tidak ada perbedaan apakah ibu sang anak itu bekerja atau tidak bekerja. Tidak adanya perbedaan ini juga berlaku pada bagaimana anak-anak mengkonsumsi cemilan, terutama keripik dan makanan manis diantara jam makannya. Ketua tim peneliti, Profesor Catherine Law mengatakan, dengan adanya penelitian ini bukan berarti para ibu dianjurkan untuk tidak bekerja, tetapi perlu dibuat kebijakan dan program-progam untuk membantu para ibu yang bekerja dalam mengurus anak-anaknya.

Mungkin bagi Anda yang bekerja terlihat sulit dalam hal ini, namun mengapa Anda tidak mencobanya terlebih dahulu. Anda dapat mengatur waktu lebih bijaksana lagi mengenai tumbuh-kembang anak setiap harinya. Walaupun hal tersebut mungkin cukup membuat Anda lelah yang harus mengerjakan semua urusan rumah tangga hingga mengurus anak-anak. Namun, pengorbanan tersebut akan menjadi suatu kebahagiaan tersendiri bagi Anda dengan melihat pertumbuhan anak-anak yang kuat dan stabil.

Anda juga tidak perlu khawatir karena pekerjaan rumah tangga tidak harus dikerjakan oleh Anda sendiri. Anda bisa meminta bantuan sang suami dan berbagi waktu untuk melakukan tugas-tugas rumah tangga dan mengurus anak, dengan demikian akan terlihat keutuhan dan keharmonisan yang tetap terjaga. Semoga informasi seputar dampak ibu bekerja ini bisa menambah wawasan Anda.

Komentar Artikel Dampak Ibu Bekerja Bisa Mempengaruhi Kesahatan Anak?
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI