KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Rabu 18 April 2018
by MelindaCare, via Artikel Ibu Hamil

Cara melahirkan dengan hypnobirthing akan jadi solusi menarik bagi banyak calon ibu yang merasa takut untuk melahirkan. Ketakutan terbesar umumnya datang dari pengalaman persalinan selama ini yang menimbulkan rasa sakit sedemikian rupa. Meski rasa sakit saat melahirkan memang alamiah, tapi bagi dunia kedokteran hal ini menjadi tantangan untuk mencari jalan keluar.

Proses persalinan Hypnobirthing adalah sebuah cara persalinan normal, dengan menghipnotis ibu agar tetap rileks dan nyaman. Seseorang dalam kondisi dihipnotis tentu akan tampak seperti orang yang sedang tidur, tetapi tetap mendengar. Sehingga seseorang yang menjalani proses persalinan Proses persalinan Hypnobirthing, seluruh otot tubuhnya menjadi rileks, dan pembukaan mulut rahim (portio) menjadi lancar. Pada saat pembukaan portio lengkap, ibu dianjurkan untuk membuka mata dan mengejan.

Peluang ini sangat mungkin dilakukan, karena hampir semua orang dapat dihipnotis, meski setiap orang memiliki ketahanan berbeda-beda. Jika hipnotis pada orang yang satu dapat bertahan 15 menit, 30 menit, atau 1 jam, ada pula orang yang mampu dihipnotis hingga 3 hari. Oleh karenanya, proses persalinan Hypnobirthing memerlukan pendampingan dan pelatihan serius. Namun proses tersebut akan tergantikan, karena Hypnobirth dapat membuat ibu lebih tenang dan rileks, selain digunakan untuk menanamkan sugesti hal-hal positif, sampai pengalaman-pengalaman indah ke alam bawah sadar ibu.

Hipnotis sendiri merupakan salah satu cara yang aman--bukan berdasarkan kekuatan magis, karena telah dibuktikan secara ilmiah. Selain itu, hipnotis tidak bertentangan dengan agama, dan tidak menimbulkan kontrol diri. Pastinya, tidak pernah ada orang yang terjebak selamanya atau pun terluka dalam keadaan terhipnotis. Bagi ibu yang ingin mencoba proses persalinan Hypnobirthing, metode ini dapat dilakukan sejak kehamilan trimester pertama, tetapi tidak terlambat jika metode ini dilakukan setelah usia kehamilan mencapai 7 bulan.

Selain digunakan untuk proses persalinan, Hypnobirthing juga dapat dimanfaatkan sebagai terapi yang dapat menyembuhkan morning sickness atau muntah-muntah saat hamil muda. Ada pula manfaat lain seperti mencegah keguguran atau prematur, melatih berbicara dengan janin, menghentikan merokok/ngemil, bahkan sampai menghilangkan fobia, seperti fobia ketinggian, kegelapan, dll. Bahkan belakangan hipnotis juga digunakan untuk menyembuhkan penyakit kejiwaan.

 

Komentar Artikel Cara Melahirkan dengan Hypnobirthing, Benarkah Tidak Sakit?
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI