KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Kamis 17 Mei 2018
by MelindaCare, via Artikel Nutrisi

Makanan untuk sahur yang baik? Tahukah Anda jika pilihan makanan saat sahur bisa turut menentukan ketahanan tubuh saat berpuasa seharian sekaligus juga mempengaruhi kesehatan. Perubahan jam makan saat seseorang berpuasa bisa mempengaruhi kebutuhan energinya, mengingat kinerja organ tubuh yang melamban.

Jeda antara waktu sahur dan berbuka yang sekitar 14 jam, membuat orang berpikir untuk menambah porsi makanan agar kuat selama berpuasa. Padahal hal ini tidak sepenuhnya benar loh.

Makanan yang Anda makan saat sahur maupun berbuka haruslah memenuhi kebutuhan gizi, bukan sekedar menghilangkan rasa lapar atau agar tahan selama puasa. Berikut ini daftar makanan yang dianjurkan saat sahur dan tentu saja selain mengenyangkan juga menyehatkan:

1. Biji-bijian. Kaya akan serat sehingga membuat kenyang dan juga memperkuat kekebalan tubuh.

2. Kurma biasanya direkomendasikan sebagai menu berbuka. Tetapi kandungan glukosa, sukrosa, dan fruktosa dalam kurma mampu menaikkan kadar gula dalam darah dan menjaganya tetap stabil.

3. Sayuran.

4. Beras merah. Kandungan karbohidrat kompleksnya membantu proses pemecahan dan penyerapan lebih lama sehingga mengenyangkan Anda dalam waktu cukup lama.

5. Daging. Daging membantu memenuhi kebutuhan protein tubuh. Protein digunakan dalam proses metabolisme untuk menghasilkan energi. Namun, jangan terlalu banyak mengonsumsi daging saat sahur karena bisa menyebabkan mulut berbau tidak sedap.

Semoga informasi seputar makanan untuk sahur yang baik ini bisa menambah wawasan Anda.

Komentar Artikel Makanan Untuk Sahur yang Baik? Ini Daftarnya
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI