KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Selasa 20 Maret 2018
by MelindaCare, via Artikel Ibu Hamil

Tes down syndrome saat hamil penting untuk dilakukan. Tujuannya tentu saja agar memastikan janin dalam kondisi normal. Namun tes ini masih banyak orang yang belum mengetahuinya.

Bukan hanya belum banyak orang yang mengetahuinya, tetapi juga masih banyak calon orangtua yang menyepelekan masalah ini. Padahal down syndrome sebenarnya bisa diketahui sejak bayi masih dalam kandungan. Dan caranya yaitu dengan tes down syndrome atau aminiosentesis.

Amniosesntesis merupakan pemeriksaan yang ditujukan untuk memastikan kelainan chromosom janin. Tidak hanya untuk mengetahui kelainan janin (cacat lahir) seperti down syndrome, tetapi juga fibrosis kistik atau spina bifida pada janin.

Tes ini akan dilakukan hanya pada wanita yang dianggap lebih beresiko melahirkan anak dengan cacat lahir. Untuk melakukan tes ini, usia kandungan harus mencapai minggu ke-16 dan 20. Dalam usia kandungan ini, bayi berada dalam sekitar 130 ml cairan ketuban yang terus-menerus bayi telan kemudian keluarkan. Cairan inilah yang akan diperiksa untuk mendapatkan informasi mengenai bayi termasuk jenis kelaminnya dan kelainan fisik seperti down syndrome.

Kapan Perlu Menjalani Tes Amniocentesis?

Tahukah Anda, seiring pertambahan usia pada wanita ternyata beresiko memiliki anak down syndrome. Perbandingannya satu banding 2.000 pada perempuan yang hamil usia 20 tahunan, dan menjadi satu banding 100 pada perempuan yang hamil di usia 40 tahun. Berikut adalah kriteria ibu hamil yang perlu menjalani tes amniocentesis:

  • Ibu hamil berusia 40 tahunan
  • Ibu hamil dengan riwayat kelainan kromosom di keluarganya
  • Ibu hamil dengan hasil pemeriksaan UGS yang menunjukkan hasil abnormal

Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menjalani Tes Amniocentesis

Tes ini bisa beresiko kecil menyebabkan keguguran. Perkiraannya kurang dari 1% atau sekitar 1 dari 200 sampai 1 dari 400. Tes ini juga bisa beresiko bayi atau sang ibu mengalami cedera, infeksi dan persalinan prematur, namun resiko ini sangat jarang.

Untuk itu sangat penting berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda sebelum melakukan tes amniocentesis. Lalu di mana saja Anda bisa menemukan tes amniocentesis? Anda bisa menemukannya di Melinda Hospital, jl. Pajajaran No. 46 Bandung.

Komentar Artikel Tes Down Syndrome Saat Hamil
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI