KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Jumat 19 Januari 2018
by MelindaCare, via Artikel Olahraga

Gerakan yoga untuk badan pegal, sangat dibutuhkan terutama bagi Moms yang sedang mengandung. Moms tentu mengalami nyeri atau pegal-pegal pada bagian pinggang, punggung, dan betis. Kandungan semakin membesar, tentu Moms pun memikul beban yang lebih berat. Lakukan gerakan yoga untuk Ibu hamil secara rutin, dapat membantu mengatasi pegal-pegal loh.

Selain dapat mengatasi pegal-pegal, gerakan yoga pun dapat membuat tubuh menjadi lebih lentur. Kelebihan lainnya, setiap gerakan yoga sudah dirancang untuk semua panca indera dan berfungsi memperbaiki imunitas tubuh. Adapun gerakan meditasi yang berfungsi untuk menenangkan pikiran, jiwa, dan tubuh. Sehingga pada akhirnya, antara jiwa dan raga akan seimbang. 

Coba gerakan yoga di bawah ini, untuk mengatasi badan pegal:

1. Downward Facing Dog
Berdirilah pada matras. Lakukan pose telungkup, dengan kaki lurus sejajar ke bawah dan tangan membentang maju ke depan. Posisi kepala di bawah, hingga membentuk segitiga. Pose ini bermanfaat untuk memperkuat gestur tubuh, melenturkan tubuh, dan melancarkan peredaran darh. 

2. Cobra or Up Dog
Pose ini mengharuskan Moms telungkup, namun posisi kepala tegas ke atas. Perut, dada, dan tangan menjadi penopangnya. Moms bisa melakukan pose ini dengan kepala sejajar menghadap ke depan, lalu berikan tekanan pada tangan dan dada. Tarik perut dan dada ke atas, posisi kepala jadi menghadap ke atas. Lakukan posisi ini dalam kurun waktu 5-7 menit. Pose ini bermanfaat untuk menguatkan tulang belakang, tangan, dada, paru-paru, bahu, dan mengencangkan perut. 

3. Extended Side Angle Pose
Pose ini dilakukan dengan posisi kaki terlentang ke samping. Satu kaki untuk menopang, kaki lainnya terlentang menyamping, dan satu tangan ditarik ke atas. Lakukan pose ini selama 5 menit, dan kembali tarik tangan lebih dalam ke atas. Bermanfaat untuk memperkuat tangan, betis, dan kaki. Selain itu, bagus untuk peregangan tubuh, merangsang organ perut, dan meningkatkan stamina. 

4. Bridge Pose
Lakukan posisi terlentang, lalu tarik perut dan kaki ke atas seperti pose jembatan. Pertama, posisi tangan sejajar di samping tubuh. Kedua, tetap dengan posisi ini, namun tangan dikepal erat. Lakukan pose ini dengan kurun waktu 5-6 menit. Bridge Pose bermanfaat untuk memperkuat tubuh bagian belakang.

5. Child's Pose
Lakukan posisi seperti sujud dengan kaki ditekuk ke dalam, badan telungkup, kepala menghadap matras, dan tangan terbentang ke depan. Lakukan dalam kurun waktu 3 menit. Pose ini bermanfaat untuk meregangkan tubuh, memudahkan dalam berkonsentrasi, dan menenangkan jiwa. 

6. Savasana
Ini merupakan pose terakhir yang sangat dinantikan. Buat badan terlentang di atas matras, rentangkan kaki dan tangan. Lalu pejamkan mata, atur nafas, relax, dan tenangkan pikiran. Pose ini merupakan meditasi, lakukan selama beberapa menit. Bermanfaat untuk melepaskan ketegangan pada tubuh, pikiran, dan jiwa. Selain itu, bermanfaat pula untuk ketenangan diri, menghilangkan stress, dan membuat hidup menjadi lebih seimbang.

Moms bisa mulai menerapkan gerakan yoga ini di rumah. Lakukan pada pagi atau sore hari selama kurang lebih 30-45 menit. Yoga sangat baik untuk kesehatan jiwa dan raga. Untuk Moms yang sedang mengandung, bisa melakukan gerakan yoga untuk Ibu hamil. Namun, harus diarahkan dengan therapists yang ahli di bidangnya. Semoga informasinya bermanfaat yah.

Cek juga yuk Moms, Yoga atau Senam Hamil di Melinda Hospital. Jadwalnya, setiap Senin dan Rabu (11.00 wib) atau Sabtu (14.00 wib). Bisa menghubungi csnya di 022-4206088, untuk mengetahui informasi lebih lengkap atau mendaftarkan diri :) 

 

Komentar Artikel Gerakan Yoga untuk Badan Pegal
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI