KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Jumat 24 November 2017
by MelindaCare, via Artikel Bayi Anda

Penyakit gigi pada bayi, Moms perlu untuk mengetahuinya. Agar dapat waspada dan mencegah buah hati terkena penyakit ini. Karena, penyakit gigi rentan dialami oleh balita dan gigi merupakan bagian vital dalam proses pencernaan bayi. Seperti kerusakan pada permukaan gigi, gigi hilang, atau pertumbuhan gigi double.

Penyakit ini sering disebut dengan karies gigi. Karies gigi dapat terjadi dikarenakan posisi menyusui yang tidak tepat atau kesalahan penggunaan dot botol susu. Hal ini harus dicegah, sebisa mungkin Moms menyusui secara benar dan menghentikan pemakaian dot botol susu, jika buah hati menginjak usia dua tahun ke atas. 

Karies gigi ini bisa menyebar, bisa menyerang gigi susu atau gigi geraham. Bakteri Kariogenik atau Mutans Streptococci (MS) yang menyebabkan karies gigi ini menyebar. Bakteri ini menempel pada enamel dan melakukan metabolisme bersama karbohidrat, lalu menghasilkan asam. Asam ini jika terus menerus terjadi, akan menyebabkan kavitas atau bolong pada gigi.

Selain itu, cacat bawaan pada perkembangan struktur gigi dapat terjadi. Biasanya, hal ini dialami oleh bayi prematur, Ibu hamil yang merokok, dan bayi dengan berat badan rendah. Anal-anak berkebutuhan khusus pun, beresiko mengalami karies. Penyakit gigi pada bayi ini bisa menjadi lebih serius, jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Akibatnya, anak akan mengalami rasa sakit pada gigi, infeksi, tidak selera makan, dan kekurangan asupan nutrisi. Untuk mencegah penyakit gigi pada bayi, Moms harus membawa buah hati ke Dokter Spesialis Gigi sejak dini. Usahakan, ketika buah hati menginjak usia 6 bulan atau gigi primer sudah tumbuh, Moms sudah mulai konsultasi. Selain itu, kedisiplinan dalam merawat kebersihan mulut dan gigi perlu diterapkan sejak dini.

Cek juga Dokter Spesialis Gigi terbaik hanya di www.melindahospital.com :)

 

Komentar Artikel Penyakit Gigi pada Bayi
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI