KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Selasa 10 Oktober 2017
by MelindaCare, via Artikel Penyakit

Apa itu flu Singapura, mari ketahui lebih jauh. Flu Singapura atau HFMD (Hand, Foot, and Mouth Disease) adalah penyakit sejenis influenza, namun gejalanya berbeda. Gejalanya demam, sariawan, dan munculnya ruam berupa bintik-bintik merah pada mulut, tangan, atau kaki. Bila Moms mendapati gejala tersebut pada buah hati tercinta, hendaklah waspada dan langsung periksakan ke Dokter Spesialis Anak.

Flu Singapura tidak berbahaya, asal segera mendapatkan pengobatan yang benar. Penyakit ini termasuk penyakit ringan dan akan sembuh dalam kurun waktu 7-10 hari. Adapun gejala yang lebih detail lagi, yakni:
- Demam selama 2-3 hari
- Sakit leher (faringitis)
- Tidak ada nafsu makan
- Flu
- Timbul vesikel (bentol di mulut), sariawan
- Timbul ruam yang tidak gatal di telapak mulut, tangan, atau kaki

Penyakit ini sangat menular dan sering terjadi pada musim panas. Penularannya melalui saluran pencernaan atau pernafasan (ludah, ingus, air lur, tinja, cairan dari luka). Penularan melalui kontak tidak langsung pun dapat terjadi. Misalnya, dari barang-barang yang telah terkontaminasi. Biasanya, Flu Singapura lebih mudah menyerang bayi, anak-anak, atau remaja, karena antibodi mereka yang cenderung lebih lemah dibandngkan orang dewasa.

Segera bawa ke Dokter Spesialis Anak, jika buah hati mengalami gejala penyakit ini. Jagalah kebersihan di sekitar buah hati, anjurkan istirahat yang cukup, cegah dehidrasi dengan minum air putih yang banyak, berikan nutrisi makanan sehat, dan jangan biarkan buah hati beraktivitas di luar rumah selama 7-10 hari setelah ruam muncul.

Moms bisa mencegah Flu Singapura ini, dengan menjaga kebersihan lingkungan di sekitar buah hati. Biasakan diri untuk mencuci tangan sebelum makan atau setelah bersentuhan dengan barang yang berdekatan dengan penderita. Penting untuk melakukan desinfeksi peralatan makanan, mainan, pakaian, atau alat mandi yang kemungkinan bisa terkontaminasi. Hindari kontak dengan penderita dan biarkan buah hati beristirahat yang cukup agar badan selalu fit. Itu dia penjelasan Flu Singapura, beserta pencegahan dan cara menanggulanginya.

Komentar Artikel Apa Itu Flu Singapura? Apakah Berbahaya?
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI