KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Rabu 13 September 2017
by MelindaCare, via Artikel Anak Anda

Menjadi orangtua bukanlah tugas yang mudah. Apalagi jika Anda termasuk orangtua baru, maka ada banyak hal yang perlu dipelajari. Tidak jarang rasa lelah menyerang para orangtua saat merawat anaknya. Namun hal ini tentu bukan menjadi penghalang bagi Anda untuk menjadi orangtua yang sempurna bagi anaknya bukan?

Saat merawat anak pun tidak biasanya orangtua memiliki kekhawatirannya sendiri. Mau tau apa saja kekhawatiran yang sering dialami para orangtua saat mengiringi masa tumbuh kembang anaknya? Ini dia daftarnya!

Kekhawatiran Akan SIDS

SIDS atau Sudden Infant Death Syndrome sering “menyerang” orangtua dengan anak yang baru lahir. Bayi usia 0-1 tahun memiliki resiko kematian mendadak atau SIDS ini.

Bagaimana cara mengatasi kekhawatiran ini? Anda bisa menidurkan bayi dengan cara telentang dan menjauhkan selimut serta mainan lainnya di sekitar bayi saat ia tertidur. Hindari juga menyusui bayi sambil terlentang dan dalam keadaan tidur. Usahakan menyusui dalam posisi duduk walaupun Anda mengantuk.

Khawatir Anak Tidak Bisa Bicara

Normalnya, anak bisa mengucapkan kata pertamanya saat umurnya di bawah satu taun. Lalu menguasai lebih dari 50 kosa kata saat menginjak usia 24 bulan. Namun ada juga beberapa anak yang lebih lamban dari perkembangannya itu.

Anda perlu berkonsultasi dengan dokter ketika anak sudah berusia 18 bulan namun belum bisa mengucapkan satu kata.

Khawatir Anak Tidak Memiliki teman

Setiap anak memiliki karakter yang berbeda. Ada yang mudah bersosialisasi ada yang penyendiri. Nah, jika Anda khawatir anak tidak memiliki anak saat memasuki usia sekolah, maka jangan khawatir! Anda bisa mengatasinya dengan mengajak anak untuk lebih sering bersosialisasi. Membuatnya anak nyaman saat berada di tempat umum, hingga memasukkannya ke sebuah kursus yang sesuai minatnya untuk meningkatkan rasa percaya dirinya.

Kekhawatiran Nutrisi Anak Tidak Mencukupi

GTM atau gerakan tutup mulut bisa menyerang setiap anak, kapan saja loh. Ketika GTM ini menyerang maka anak biasanya tidak mau makan sama sekali. Orangtua pun dilanda kekhawatiran, takut jika anak kekuarangan nutrisi.

Bagaimana cara mengusir kekhawatiran ini? Anda bisa memberikan menu makanan yang lebih beragam, dihias dengan lucu, dan diberikan warna-warni menarik. Anda juga bisa mengajak si kecil jalan-jalan saat makan atau bermain. Namun perhatikan apakah anak menampakkan kesakitan, badannya lemas saat GTM ini? Jika iya, maka Anda bisa langsung membawanya ke dokter untuk diperiksa.

 

Khawatir Anak Obesitas

Melihat anak lahap makannya tentu menjadi pemandangan yang membahagiakan. Namun bagaimana jika anak mengalami kegemukan hingga mengganggu kesehatannya?

Untuk mengatasi kekhawatiran ini, Anda bisa mengajak anak untuk melakukan aktivitas fisik. Bisa mengajak bayi misalnya melalukan baby gym, baby spa, dan tummy time. Sedangkan untuk balita, Anda bisa mengajaknya bermain, mengikuti kursus, dan mengajaknya terus bergerak namun tidak berlebihan.

Bagaimana dengan Anda? Kekhawatiran apa yang sering Anda rasakan sebagai orangtua?

Komentar Artikel Ini Loh yang Dikhawatirkan Orangtua saat Merawat Anak
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI