KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Selasa 29 Agustus 2017
by MelindaCare, via Artikel Anak Anda

Bahasa tubuh anak tentu saja berbeda dengan orang dewasa. Mengenali bahasa tubuh anak ini bahkan bisa memberikan kemudahan bagi orangtuanya, baik dalam menangani tingkah si kecil, sampai membantu perkembangannya lebih maksimal lagi.

Terlebih bagi anak balita, bahasa tubuh menjadi cara berkomunikasi yang dominan karena belum kaya koleksi kosa katanya. Mau tau apa saja bahasa tubuh yang biasa Anda temukan pada si kecil dan apa artinya? Cek yuk di bawah ini:

Sembunyi saat Bertemu Orang Baru

Mungkin Anda akan menanggap si kecil malu bertemu orang baru. Namun sebenarnya bahasa tubuh ini menandakan jika si kecil cemas bertemu orang baru. Tidak hanya bersembunyi, ada juga anak yang menisap jempol, menggigit jari, atau bahkan tidak mau lepas dari orangtuanya saat bertemu orang baru.

Atasi kondisi ini dengan mendampingi anak dan memastikan si kecil merasa aman. Anda bisa mengajaknya berkenalan dengan setiap orang baru yang ia temui agar terbiasa.

Ketika Anak Tidak Mau Menatap Mata Kita

Apakah si kecil tidak mau menatap mata Anda setelah ia melakukan sesuatu? Maka bahasa tubuh ini bisa berarti ia merasa bersalah dengan apa yang telah dilakukannya. Misalnya memberantakan alat kosmetik ibunya.

Jika Anda menghadapi situasi ini, maka berikan arahan dan pengertian pada si kecil mengenai harus bagaimana sikapnya setelah melakukan keselahan. Anda bisa mengajarkannya untuk berani mengakui kesalahannya. Hindari sikap memerahi anak agar ia mengakui kesalahannya ya.

Membawa Mainan Ke Kasur

Waktu tidur tiba tapi si kecil malah membawa banyak mainan ke atas kasur. Jangan marah ketika Anda dihadapkan dengan kondisi ini, karena ini tandanya si kecil merasa takut untuk tidur. Mainan favorit yang dibawanya ke atas kasur tersebut bisa membuat si kecil merasa aman loh saat ia tidur sendiri. Bahkan sebuah penelitian di Tel Aviv University mnunjukkan anak yang diberi boneka saat tidur jarang mengalami mimpi buruk.

Melempar Barang yang Dipegangnya

Kejadian ini mungkin sering dialami para orangtua. Anak melemper barang yang dipegangnya ini pertanda si kecil sedang marah dan kesal. Anda bisa mengatasinya dengan tidak memarahinya dan lebih membimbing si kecil untuk mengutarakan rasa amarahnya ke hal lain. Misalnya bisa dengan menyampaikan jika ia marah, berteriak agar lega atau memukul guling. Sangat penting untuk mengajarkan anak menyalurkan emosinya karena emosi memang harus diekspresikan, dan ketika tidak diekspresikan hanya akan mengundang gangguan di psikis bahkan fisik anak.

Sembunyi Ketika BAB

Pernahkah melihat si kecil bersembunyi ketika sedang BAB? Biasanya si kecil merasa takut dimarahi karena belum bisa BAB di toilet dan masih menggunakan popok. Atasi kondisi ini dengan tidak memarahinya dan jangan bosan untuk melatih si kecil ke toilet.

Masih banyak bahasa tubuh anak yang memiliki makna dibaliknya. Bagaimana dengan Anda? Apakah memiliki info seputar bahasa tubuh anak yang bisa dibagikan dengan orangtua lainnya?

Komentar Artikel Bahasa Tubuh Anak, Apakah Moms Sudah Mengenalinya?
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI