KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Senin 24 Juli 2017
by MelindaCare, via Artikel Ibu Hamil

Kapan bisa mendengarkan detak jantung bayi? Pasti banyak calon ayah dan ibu penasaran kapan bisa mendengarkan suara detak jantung dari buah hati tercintanya.

Biasanya Anda bisa mulai mendengarkan detak jantung bayi saat memasuki usia kehamilan enam minggu. Tidak hanya mendengarnya, tetapi juga Anda bisa melihat detak jantung sang bayi saat usia kehamilan menginjak 8 minggu.

Lalu cara apa saja yang bisa digunakan untuk mendengarkan detak jantung bayi di dalam kandungan? Berikut ini cara-caranya:

Menggunakan USG

USG atau Ultrasonografi bisa membantu Anda untuk mendengarkan detak jantung sang janin. Biasanya digunakan pada usia kehamilan menginjak delapan minggu dengan tujuan mengetahui kesehatan janin secara sistematik. USG ini juga bisa membantu dokter untuk mengetahui perubahan bentuk janin, kecepatan denyut jantung bayi dan posisi tubuh bayi ketika sedang diperiksa.

 

Stetoskop Laennec

Alat ini digunakan masih manual namun bisa memeriksa dan mendengarkan detak jantung bayi. Termasuk bisa akurat dalam memeriksa letak plasenta.

Menggunakan Leopald

Alat ini digunakan untuk menentukan posisi punggung bayi sekaligus detak jantungnya dan memang terbukti akurat.

Menggunakan Kardiotokografi

Alat ini bermanfaat untuk memeriksa posisi janin serta detak jantungnya pada usia kehamilan 32 minggu. Biasa digunakan untuk mengetahui kesehatan ibu dan janin menjelang proses persalinan atau beberapa minggu di masa persalinan.

Menggunakan Pinard Horn

Alat ini digunakan pada tahun 70-80 an untuk mendengarkan detak jantung bayi. Alat yang terbuat dari kayu dan menyerupai terompet ini pun sampai sekarang masih banyak yang menggunakannya.

Menggunakan Fetoskop

Alat ini terbuat dari logam dan plastik bisa dikatakan penggabungan dari stestoskop dan pinard horn.

Menggunakan Doppler

Alat ini berguna untuk mendengarkan detak jantung bayi dan bisa digunakan di rumah atau kapan saja tanpa adanya batasan waktu. Harganya cukup mahal sehingga hanya sedikit ibu yang memiliki alat ini.

Semoga informasi seputar kapan bisa mendengarkan detak jantung bayi ini bisa menambah wawasan Anda. 

Komentar Artikel Kapan Bisa Mendengarkan Detak Jantung Bayi?
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI