KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Senin 17 Juli 2017
by MelindaCare, via Artikel Ibu Hamil

Kelas Laktasi yang diadakan pada tanggal 15 Juli 2017 bersama Dr. Stella Tinia di Melinda Hospital, mengusung tema "Prenatal Preparation for Successful Breastfeeding". Informasi dan pengetahuan ini penting untuk Moms ketahui, terlebih bagi Moms yang sedang mengandung. Guna untuk kelancaran menyusui ekslusif dan produksi ASI bagi buah hati tercinta.

Sebelumnya, ASI sangat penting untuk diberikan secara ekslusif kepada bayi. Karena, ASI kaya akan protein, lemak, vitamin, mineral, zat anti infeksi, growth factor, enzim pencernaan, dan hormon. Banyak sekali manfaatnya bagi tumbuh kembang dan kesehatan buah hati. Juga, terdapat berbagai manfaat bagi Moms tentunya.

Manfaat Ibu menyusui:
- Menurunkan resiko kanker payudara, kanker ovarium, penyakit jantung, metabolik, osteoporosis
-  Meningkatkan ikatan batin dengan bayi
-  Menghemat pengeluaran biaya kesehatan
-  Produktivitas kerja atau berkegiatan meningkat
-  Lebih bahagia

Standar pemberian ASI ekslusif dilakukan selama 6 bulan. Selanjutnya, MPASI yang berkualitas pun dilakukan selama 6 bulan. Kemudian, ASI diteruskan sampai usia buah hati beranjak 2 tahun atau lebih. Moms harus memiliki persiapan yang matang untuk memberikan ASI ekslusif kepada buah hati tercinta. Bisa dilakukan selagi proses kehamilan berlangsung.
Adapun persiapan sukses ASI ekslusif, yakni rencanakan persalinan secara normal, lakukan IMD atau rawat gabung, pastikan bayi menyusu dengan benar, dan pantaulah tanda kecukupan ASI.

Sedangkan manfaat dari IMD itu sendiri bisa dilihat disini:
1. Pelepasan hormon prolaktin dan oksitosin (prosuksi ASI)
2. Pelepasan hormon pencernaan (perubahan metabolisme Ibu)
3. Membantu bayi mendapat probiotik (kuman baik) dan antibodi saat berkontak dengan kulit Ibu
4. Menghisap kolostrum (merangsang peristaltik usus bayi)
5. Membuang bilirubin dan menurunkan kuning pada bayi
6. Menstabilkan suhu tubuh dan kadar gula darah bayi
7. Membangkitkan naluri keibuan pada Ibu dan bayi menjadi lebih tenang. 

Itu dia beberapa informasi dan pengetahuan mengenai, "Prenatal Preparation for Successful Breastfeeding". Sekarang, Moms akan lebih cermat dalam merencanakan dan mempersiapkan ASI ekslusif kepada buah hati. Proses menyusui pun akan sukses dan kebutuhan nutrisi buah hati terpenuhi dengan baik.

Kelas Laktasi selanjutnya akan sangat menarik dan berisikan berbagai info kesehatan Ibu dan anak. Yuk ikuti Kelas Laktasi selanjutnya Moms, jangan lupa juga untuk cek www.melindahospital.com . Untuk mendapatkan berbagai informasi pelayanan kesehatan, konsultasi nama bayi, jadwal Dokter, dan info artikel kesehatan.

Komentar Artikel Prenatal Preparation for Successful Breastfeeding
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI