KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Selasa 19 April 2016
by MelindaCare, via Artikel Keluarga

Peran ayah dalam perkembangan anak jangan pernah diabaikan. Sebagaimana pentingnya peran ibu, ayah juga amat berperan dalam mengembangkan kepribadian dan psikologi anak. Ada kalanya anak lebih mencari sosok ayah ketimbang ibunya. Ini yang menjadi alasan mengapa ayah harus semakin mengeratkan bonding dengan anak.

Ada beberapa karakteristik ayah yang memiliki peran penting dalam hidup seorang anak yang berbeda dari ibu. Simak sebagai berikut:

1. Pembimbing

Ayah bisa mengajarkan perilaku seorang pemimpin yang baik dengan membimbing. Membantu anak membedakan benar-salah dan membiarkan anak mengalami dan merasakan konsekuensi dari perbuatan mereka.

2. Teman Bermain

Ayah bisa mengajak anak berkegiatan fisik guna mengajarkan aturan displin. Permainan fisik tidak hanya melatih otot dan koordinasi namun juga melatih mental juara.

3. Penyelesai Masalah

Ajarkan anak bagaimana cara mengambil keputusan dan mengajarkannya menghadapi kendala yang sedang dihadapi. Hal ini bermanfaat agar anak kelak terbiasa mengambil keputusan dengan tepat. Sehingga tidak akan membuat anak menjadi pribadi yang agresif.

4. Penyedia

Satu hal yang perlu diingat, ayah juga bertanggungjawab dalam pengasuhan anak. Apabila ayah hanya berperan sebagai pencari uang, ayah akan terjebak dalam rutinitas pekerjaannya dan tidak bisa mengembangkan diri.

5. Mempersiapkan Masa Depan

Ayah harus terlibat dalam mempersiapkan anak menghadapi dunia luar, termasuk melindungi anak saat dibutuhkan.

Lakukan peran ayah dalam perkembangan anak dengan sebaik-baiknya. Agar bisa menjadi sosok yang menyenangkan dan menjadi pahlawan di hati anak.

Komentar Artikel Peran Ayah Dalam Perkembangan Anak
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI