KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Jumat 19 Februari 2016
by MelindaCare, via Artikel Penyakit

Virus Zika adalah virus yang ditemukan di Indonesia ketika terjadi wabah demam di Provinsi Jambi sekitar bulan Desember 2014-April 2015. Belum ada pasien yang divonis terinfeksi virus ini. Namun tidak ada salahnya kan jika Anda juga mewaspadainya?

Asal Mula

Virus Zika awalnya disebut ZIKV dan ditemukan pada tahun 1947 di sebuah hutan bernama Zika di Uganda. Pada 1951-1981, ledakan mulai terjadi di seluruh Asia dan Afrika. Pada tahun 2007, sekitar 73 persen dari total penduduk Polinesia terkena Virus Zika. Pada tahun 2014, untuk pertama kalinya, Amerika Latin telah terinfeksi zika dan setelah itu virus ini cepat menular ke banyak negara.

Gejala

Orang yang terjangkit virus ini akan merasakan gejala seperti sakit kepala, ruam di wajah, leher, lengan atas, mungkin juga menyebar ke telapak tangan dan kaki, demam dan nyeri sendi dan otot serta konjungtivitis sekitar 2-7 hari.

Akibat

Ibu hamil harus hati-hati dengan virus ini karena dapat menyebabkan janin Anda terinfeksi, hingga akhirnya lahir cacat dengan kondisi mikrosefalus. Ini dapat mengakibatkan anak keterbelakangan mental, terlambat bicara serta tumbuh kembangnya ikut lambat.

Penyebaran

Virus Zika sangat mengkhawatirkan karena mudah ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Sementara itu, Indonesia adalah salah satu negara endemik karena banyak terdapat habitat nyamuk tersebut, sehingga rawan dengan penularan virus.

Selain itu, menurut penelitian virus ini dapat menular lewat hubungan seks. Maka untuk keamanan antara suami dan istri, lebih baik Anda berdua berhubungan intim dengan menggunakan kondom.

Pencegahan

Untuk mencegah penyebarannya, Anda harus mengontrol perkembangbiakan nyamuk. Karena peneliti belum menemukan vaksin pencegahannya. Cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mencegahnya yaitu rajin membersihkan rumah, membuang genangan air, membunuh nyamuk dengan bahan alami, hingga membuang sampah pada tempatnya.

Virus ini masih menjadi perbincangan di kalangan masyarakat dunia. Maka dari itu jangan sampai informasi yang Anda dapatkan kurang tepat. Jadi mulai sekarang Anda sudah tahu kan bahwa Virus Zika adalah salah satu virus yang harus diwaspadai?

Komentar Artikel Bingung, Virus Zika Adalah Virus Apa?
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI