KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Senin 03 Agustus 2015
by MelindaCare, via Artikel P3K

Pemeriksaan tanda vital yang penting untuk dinilai dan di monitor adalah pernafasan, level respon, serta nadi. Monitoring harus dilakukan secara rutin dan tercatat sehingga dapat diserah terimakan kepada petugas medis profesional.

  1. Level kesadaran /respons. Setiap jejas atau penyakit yang mempengaruhi otak aka memengaruhi kesadaran, dan perburukan yang terjadi daat sangat serius. Nilai tigkat kesadaran dengan menggunakan skala AVPU dan catat perkembangan korban baik perburukan maupun perbaikan.

  2. A: Alert (sadar penuh, waspada). Apakah korban sadar penuh?

  3. V: Voice (suara). Apakah korban berrespon seperti membuka mata terhadap stimulus suara atau dapatkah korban menjawab pertanyan?

  4. P: Pain (nyeri). Apakah korban berrespon seperti membuka mata atau bergerak terhadap stimulus nyeri yang diberikan penolong seperti cubitan?

  5. U: Unresponsive (tidak ada respons). Apakah korban sam asekali tidak dapat berespon terhadap stimulus apapun.

  6. Pernafasan : periksalah laju nafas dan dengarkan cepat atau lambat), kedalaman nafas (dalam atau dangkal), dan tipe nafas (korban nampak mudah atau sulit bernafas, apakah nafas tenang atau berisik), Periksa nadi / denyut jantung korban (lihat sub-bab selanjutnya), nilai apakah nadi cukup kencang atau lambat, ritme reguler atau ireguler, dan kekuatan nadi lemah atau kuat.

  7. Nadi : periksalah nadi pasien (dewasa normal: 60-80x/menit). Pemeriksaan dapat dilakukan pada lengan (nadi radialis), atau pada leher (nadi karotis) bila tidak memungkinkan. Pada bayi, nadi dapat diukur pada lengan atas (nadi brachialis) yang lebih mudah ditemukan.Saat meraba nadi, gunakan jemari (bukan ibu jari) dan tekan sedikit pada kulit. Catat poin penilaian nadi berikut ini:

  8. Laju (jumlah nadi per menit)

  9. Kekuatan (kuat atau lemah)

  10. Ritme (reguler atau ireguler)

  11. Temperatur/ Suhu: turunnya suhu tubuh (dibawah 37o C) dapat disebabkan oleh infeksi, terpapar udara dingin, dan sebagainya. 

Komentar Artikel PEMERIKSAAN TANDA VITAL
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI