KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Selasa 24 April 2018
by MelindaCare, via Artikel Lain-lain

Manfaat USG kehamilan dalam dunia kedokteran kandungan USG atau Ultrasonografi telah digunakan sejak tahun 1961. USG merupakan prosedur dalam pemeriksaan yang tidak berbahaya seperti X-Ray dengan menggunakan gelombang suara tinggi yang dipantulkan ke tubuh untuk membentuk dan memperlihatkan gambaran rahim dan bayi yang disebut Sonogram yang dapat Anda lihat pada layar monitor.

Kapan sajakah waktu USG biasa dilakukan?

Pada umumnya USG pertama dilakukan pada kehamilan minggu ke 7 untuk memastikan keadaan kehamilan. Dalam pemeriksaan USG tentunya akan menilai detak jantung janin, mengukur panjang janin untuk menilai usia kehamilan.

Pemeriksaan USG kedua biasanya dilakukan pada kehamilan 18-22 minggu untuk menilai kelainan congenital, kelainan bentuk, posisi plasenta, detak jantung janin, juga untuk menilai perkembangan janin. Pada pemeriksaan di minggu ini Anda mungkin sudah dapat mengetahui jenis kelamin bayi Anda.

Pada pemeriksaan USG ketiga biasanya dilakukan pada kehamilan minggu ke 34 untuk mengevaluasi ukuran fetus dan menilai pertumbuhan fetus, pergerakan dan pernafasan, detak jantung bayi serta jumlah air ketuban di sekeliling bayi serta posisi bayi dan plasenta.

Pada dasarnya USG dapat dilakukan kapan saja selama masa kehamilan, karena USG tidak berbahaya bagi ibu dan bayi. Pemeriksaan USG yang terutama dilakukan bila terjadi masalah kehamilan, misalnya adanya detak jantung janin yang tidak teratur.

Apa saja yang dapat diperiksa dengan USG?

  • Konfirmasi kehamilan.
  • Mengetahui usia kehamilan.
  • Menilai pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan.
  • Ancaman keguguran.
  • Masalah plasenta.
  • Kehamilan kembar.
  • Mengukur jumlah cairan ketuban yang berlebihan atau terlalu sedikit.
  • Kelainan pada janin, seperti letak janin dalam rahim, kelainan jantung, down syndrome, dll.
  • Mengetahui jenis kelamin bayi.

Manfaat USG kehamilan ini tentunya sangat banyak, terlebih untuk memantau kesehatan janin selama kehamilan. Untuk itu bagi ibu hamil, pastikan untuk selalu memeriksakan kehamilannya secara rutin ke dokter kandungan ataupun bidan.

Komentar Artikel Manfaat USG Kehamilan
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI