KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Selasa 30 September 2014
by MelindaCare, via Artikel Anak Anda

Psikologis anak akan terus berkembang dan terbentuk karena faktor lingkungan dan pola asuh yang diberikan oleh orang tuanya. Perilaku orangtua terhadap anak akan berpengaruh pada pembentukan jati dirinya kelak. Psikologis anak adalah hal yang selalu harus diperhatikan oleh orang tua. Psikologis anak tidak terbatas hanya pada pikiran, namun juga perilaku si kecil dari perkembangan janin sampai remaja. Perkembangan zaman dan globalisasi tentunya akan berdampak pada psikologis anak. Majunya teknologi saat ini membuat anak mulai mengenal bahkan menyanyikan berbagai lagu-lagu dewasa.

Dikhawatirkan, dampak lagu dewasa bagi anak dapat mempengaruhi tumbuh kembang psikologisnya. Kebanyakan lagu-lagu dewasa saat ini berisi mengenai hubungan pacaran, perselingkuhan, dan banyak masalah percintaan lainnya. Kata-kata yang masih belum dimengerti maknanya oleh si kecil akan memberikan dampak buruk bagi psikologis anak. Sebut saja seperti kata cium, peluk, hamil duluan, dan banyak lainnya akan memberikan pemahaman yang salah yang akan berdampak bagi moralnya. Faktor media elektronik khususnya televisi juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan psikologis anak.

Perlu adanya pantauan serta batasan dari orang tua agar si kecil tidak terlalu sering menonton televisi guna mengurangi dampak lagu dewasa bagi anak. Lagu-lagu yang dinyanyikan dan dengarkan secara permanen membentuk pemahaman anak mengenai kehidupan. Penting bahwa anak-anak mendengarkan atau belajar lagu yang sesuai dengan usianya. Ajarkan anak Anda menyanyikan lagu-lagu yang mampu mengedukasinya. Menyanyi meningkatkan memori anak, juga mengajarkan kepadanya keterampilan untuk membaca, serta bisa mengajarinya tentang ilmu pengetahuan, serta membentuk psikologis anak secara baik.

Komentar Artikel Psikologis Anak: Dampak Lagu Dewasa Bagi Anak
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI