KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Rabu 02 April 2014
by MelindaCare, via Artikel Ibu Hamil

      Di bulan kelima atau keenam kehamilan, mungkin Anda akan merasakan perubahaan besar pada bagian payudara Anda. Pada tahapan kehamilan ini payudara telah mampu memproduksi ASI. Di bulan kelima atau mungkin di bulan-bulan awal kehamilan, Anda mungkin menyadari tetesan cairan dari puting Anda.

      Cairan ini terlihat seperti ASI, tetapi sebenarnya kolostrum (nutrisi, zat yang kaya akan anti-body, makanan pertama untuk bayi Anda). Hal ini normal terjadi dan sebagai pertanda tubuh Anda telah tumbuh sesuai dengan yang seharusnya.

      Beberapa wanita menyadari saat berhubungan intim payudara mereka mengeluarkan cairan, terlebih saat dalam kondisi santai. Namun kondisi keluarnya cairan dari payudara ini dapat merangsang Anda maupun pasangan, dan hal ini mungkin juga akan membuat Anda malu. Beberapa wanita mengaku menikmati saat-saat mendapatkan stimuli pada payudara mereka (dimana kondisi ini akan membuat cairan semakin banyak keluar), sementara wanita lainnya tidak tahan dengan rasa sakit akibat stimuli. Kedua respon ini memang normal.

      Lalu apa yang dapat Anda lakukan jika payudara mengeluarkan banyak cairan ? Berikut beberapa cara untuk mengatasi masalah ini :

  • Cobalah memakai bantalan pada payudara atau menaruh kain lembut yang dilipat pada bra Anda.
  • Jadikan bahan humor dan sesuatu yang membuat Anda tertawa. Ingatlah saat tiba waktu untuk menyusui, akan lebih banyak cairan yang keluar dari payudara Anda nantinya.
  • Memakai bra khusus untuk kehamilan dan menyusui. Beberapa wanita biasanya memakai dua lapis bra khusus olahraga dan hal ini cukup berguna bagi mereka.

      Satu hal yang harus Anda ingat, janganlah membersihkan payudara dengan menggunakan sabun karena payudara telah memiliki kelenjar kecil di aureoles. Kelenjar kecil ini mengeluarkan kandungan anti bakteri untuk melindungi payudara dan membuat kedua payudara Anda tetap bersih. Para ahli percaya sabun dan pelembab akan membahayakan zat pelindung alami yang terdapat pada payudara Anda.

Komentar Artikel Payudara Anda Mengeluarkan Cairan Seperti ASI ?
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI