KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Senin 14 Mei 2018
by MelindaCare, via Artikel Bayi Anda

Berapa berat ideal bayi lahir? pertanyaan ini mungkin banyak terlintas pada para orangtua, khususnya orangtua baru. Berat bayi normal pada saaat dilahirkan adalah 2500 sampai 4000 gram. Dan kelahiran bayi normal adalah harapan setiap para orangtua, terutama sang ibu, yang sudah menjaga calon bayi dalam kandungan selama sembilan bulan. Sang ibu pastinya lebih was-was ketika menanti waktu melahirkan tiba.

Banyak ditemui para ibu yang melahirkan dengan berat bayi dibawah atau diatas angka normal. Berikut adalah dua jenis bayi lahir tidak normal dengan resiko saat dilahirkan :

  • BBLR (Bayi berat lahir rendah), resiko pada bayi ini di antaranya infeksi, suhu tubuh rendah (hipotermia), badan kuning(ikterus) dan gangguan pernafasan.

  • BBLB(Bayi berat lahir besar), resiko pada bayi ini diantaranya kadar gula dalam darah dibawah normal atau hipoglikemia, keadaan ini bisa menyebabkan bayi kejang, kekurangan oksigen, kerusakan sel otak, rentan mengalami diabetes militus atau kencing manis saat ia beranjak dewasa.

Adapun faktor dari sang ibu lainnya yang bisa berpengaruh terhadap berat bayi lahir rendah diantanya: usia sang ibu masih sangat muda, jarak lahir pendek, kurang darah, ibu yang mempunyai banyak Anak, atau penyakit yang diderita ibu saat masa kehamilan. Lalu, faktor lain penyebab berat bayi lahir besar, di antaranya sang ibu mengalami penyakit diabetes militus atau kegemukan, faktor genetik dan usia kehamilan lebih dari 42 minggu.

Berat bayi lahir normal memang sangat diidam-idamkan bagi para orangtua, cukup mudah untuk bisa mengontrol perkembangan dan kesehatan janin, yaitu dengan melakukan pemeriksaan rutin setiap bulannya baik ke dokter, bidan, rumah sakit atau puskesmas. Paling tidak pemeriksaan dilakukan 4 kali dalam masa kehamilan, diantaranya 1 kali dalam 3 bulan pertama, 1 kali dalam 3 bulan kedua, dan 2 kali dalam 3 bulan terakhir. Hal ini dilakukan untuk mengotrol kesehatan bayi, sehingga terpantau jika ada hal berat bisa segera diatasi.

Semoga informasi seputar berapa berat ideal bayi lahir ini bisa menambah wawasan Anda.

Komentar Artikel Berapa Berat Ideal Bayi Lahir?
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI