KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Jumat 11 Mei 2018
by MelindaCare, via Artikel Anak Anda

Mengatasi bayi yang suka memasukkan tangan ke mulut? mungkin Anda sedang dihadapkan dengan permasalahan ini. Sebenarnya bolehkan bayi memasukkan tangannya ke mulut? ada yang berpendapat bahwa tidak apa-apa bayi sering memasukan tangannya ke mulutnya, selama tangannya tersebut bersih. Sebagian berpendapat bahwa kebiasaan mengemut adalah cara bayi beradaptasi dengan indra pengecapannya dan latihan makan agar ketika sudah diberi makan tidak kaget dan tidak mudah muntah.

Tapi tentu saja Anda akan merasa khawatir karena tangannya bisa saja memegang apa saja. Selain itu, kebiasaan mengemut tangan akan mengakibatkan kerusakan bentuk fisik dari jari dan gigi si kecil. Sedangkan dalam psikologi, kebiasaan mengemut tersebut akan menjadi kebiasaan dan ketergantungan hingga anak dewasa. Lalu bagaimana cara menghentikan agar si kecil tak mengemut tangannya?

Beberapa cara halus yang bisa menghentikan kebiasaan jeleknya itu adalah dengan mengalihkan perhatiannya. Ketika gerak-gerik si kecil menunjukan bahwa dia akan mengemut tangan, alihkan perhatian mereka ke hal-hal lain, seperti meraih tangannya dan mengajaknya bermain-main dengan tangannya. Bisa juga Anda memberikan mainan yang bisa digenggam, atau alat emut yang biasa dijual di toko khusus bayi. Biasakan ajak si bayi mengobrol, bernyanyi-nyanyi atau berdansa dengan tangannya.

Mencegah agar tidak memasukkan tangan ke mulut bayi bisa dengan cara memberikannya empeng. Tapi dengan syarat jangan memberikannya secara terus menerus dan juga harus menjaga empeng tersebut selalu bersih. Milikilah beberapa empeng, sehingga jika yang satu kotor, Anda bisa membersihkannya dan mengganti dengan empeng lainnya.

Ketika si kecil beranjak usia 9 bulan, hentikan pemakaian empeng sedikit demi sedikit hingga si kecil tidak ingat. Semoga tips mengatasi bayi yang suka memasukkan tangan ke mulut ini bisa membantu Anda.

Komentar Artikel Mengatasi Bayi yang Suka Memasukkan Tangan Ke Mulut
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI