KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Senin 11 Juni 2018
by MelindaCare, via Artikel Nutrisi

Roti gandum vs roti putih, mana yang lebih sehat? Roti gandum ataupun jenis roti tawar memilki kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama anak-anak. Kebanyakan anak-anak adalah tipe pemilih dalam menentukan makanan, termasuk dalam memilih roti. Roti mempunyai khasiat baik untuk anak-anak. Bahannya yang terbuat dari biji-bijian, membuat roti masuk ke dalam Piramida Panduan Makanan.


Berbicara soal porsi, anak-anak usia 2-6 tahun sebaiknya mengkonsumsi roti sebanyak 6 potong per hari. Sedangkan, untuk anak-anak berusia diatas 6 tahun disarankan mengkonsumsi roti sebanyak 6-11 potong setiap harinya.


Bingung memilih jenis roti yang cocok buat anak Anda? Ada beberapa pilihan tergantung selera dari masing-masing anak, seperti roti tawar, roti gandum, roti gandum madu dan lainnya. Bagi kebanyakan anak, rasa adalah faktor utama dalam memilih roti.


Sebelum memutuskan roti mana yang Anda pilih, ada baiknya terlebih dahulu melihat kandungan gizi dari berbagai jenis roti. Meskipun masing-masing roti mempunyai kandungan yang sama, seperti :

  • Kalori                    : sekitar 40-70 kalori per potong
  • Total Lemak          : 0,5-1 gram
  • Kolesterol              : 0 mg
  • Sodium                 : 90-130 mg
  • Protein                  : 1,5-3 gram
  • Zat Besi                : 4-8%

Setiap jenis roti memilki kandungan serat dan kalsium yang berbeda. Roti gandum utuh biasanya memilki lebih banyak vitamin B6, vitamin E, magnesium, asam folat, tembaga, zinc, dan mangan. Sedangkan roti tawar diperkaya dengan berbagai vitamin.

Secara umum, roti gandum yang memilki 100% gandum utuh memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibanding roti lainnya yang dibuat dengan tepung terigu. Diet dengan serat tinggi sangat dianjurkan untuk semua orang dan sangat membantu bagi anak-anak yang mengalami sembelit.

Perlu diingat, tidak semua roti gandum dibuat dari 100% gandum utuh. Biasanya, roti dibuat dari campuran tepung terigu dan tepung yang diperkaya gandum, kemungkinan akan memiliki serat yang lebih rendah dari roti gandum utuh. Roti bertuliskan ‘gandum utuh’ akan tercantum sebagai bahan utama jika roti dibuat dari 100% gandum.

Untuk roti tawar, biasanya sering memiliki lebih banyak kalsium dibanding roti gandum, terutama jika rotinya dibuat dengan susu. Namun, saat ini juga terdapat roti gandum yang diperkaya dengan kalsium.

Jika anak Anda jarang minum susu atau makan produk susu lainnya, roti bisa dijadikan sebagai sumber tambahan yang baik untuk si kecil.

Jadi, jenis roti apa yang harus Anda pilih ?

American Academy of Pdiatrics menyatakan, bahwa roti gandum menawarkan keuntungan gizi lebih kaya dibanding roti tawar. Jadi, jika anak Anda menyukai roti gandum utuh yang diperkaya dengan kalsium, dapat menjadi alternatif pilihan yang paling sehat. Membaca label nutrisi secara cermat dapat membantu Anda menemukan roti yang sehat untuk si kecil.

Roti gandum vs roti putih, mana yang akan Anda pilih?

Komentar Artikel Roti Gandum VS Roti Putih, Mana yang Lebih Sehat?
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI